Selasa, 01 Juni 2010

EKSPEDISI JAWA TIMUR part II: ARCA KERTANEGARA DI TENGAH KOTA

Barangkali perjalanan kali ini nggak layak disebut ekspedisi. Sebab, medan yang dilalui tidaklah berat. Medannya cuma di tengah-tengah kota, tepatnya di jalan Taman Apsari, Surabaya. Di lokasi ini, saya menemukan peninggalan kuno, yakni sebuah arca Budha Mahasobya yang lebih dikenal dengan nama Joko Dolog.













Arca Budha Mahasobya ini berasal dari Kandang Gajak. Pada 1817 dipindahkan ke Surabaya oleh Residen de Salis. Daerah kandang Gajak dulu merupakan wilayah Kedoeng Wulan, yaitu daerah dibawah kekuasaan Majapahit. Pada masa penjajahan Belanda termasuk dalam Karesidenan Surabaya, sedangkan masa sekarang termasuk wilayah desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.



Arca Budha Mahasobya, yang terkenal dengan nama Joko Dolog ini memuat data sejarah masa lampau pada lapiknya. Lapiknya itu disebut prasati Wurare. Ada angka di prasasti, dimana angka tersebut menunjukkan 1211 Saka dan ditulis oleh seorang abdi raja Kertajaya bernama Nada.



Saat ini Joko Dolog banyak dikunjungi orang-orang yang ingin minta berkah. Jangan heran kalo hampir tiap malam ada saja orang yang memanjatkan doa di depan patung Joko Dolog. Apalagi ketika hari Waisak pada Jumat (28/05) lalu, wah lokasi di situ ramai bukan main. Jangan-jangan Anda juga sempat ada di situ?

all photos copyright by Brill

Tidak ada komentar:

Posting Komentar